PERTEMUAN
3
MEMBUAT
PROGRAM DISKET.JAVA
public class
disket {
int panjang =10;
final int LEBAR =10;
String warna
="kuning";
String bentuk
="segiempat";
String data = "";
disket () {
panjang = 100;
}
disket(int
panjang1) {
this.panjang =panjang1;
}
void simpandata(String data1) {
this.data +=
data1;
}
void hapusdata() {
data = "
";
}
String bacadata () {
return data;
}
}
Pada code
diatas membuat suatu program yang memiliki class disket..
Type data
int,final,string 3 buah,dan satu konstanta int ditandai dengan final int..
Masuk
kemethode simpandata(string data1)
This.data + =
data1;
Nilai atribut
data ditambah data1 berarti data=belajar
java
Nilai yang
lama tidak digantikan tapi ditambah dengan yang baru..
Selanjutnya
method hapusdata()
Data=” “;
Maka akan
menghapus isi data
Method
bacadata()
Return data
Memanggil
atribut data
MEMBUAT
PROGRAM MAIN DISKET.JAVA
class
maindisket {
public static void main (String
[] Args) {
disket disk1 =
new disket(50);
System.out.println("panjang
disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("lebar
disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("warna
disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("bentuk
disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data
mula-mula = "+ disk1.bacadata());
disk1.simpandata
("belajar java");
System.out.println("setelah simpandata = "+ disk1.bacadata());
disk1.hapusdata();
System.out.println("setelah
hapusdata = "+ disk1.bacadata());
}
}
Program
maindisket.java ini merupakan kelas utama ditandai dengan adanya public static
void main
Disket disk1 =
new disket
Merupakan
objek baru yang digunakan untuk memanggil methode disket
Maka perintah
program hasilnya akan diambil dari perintah di disket.java
Maka hasil
program ketika dijalankan adalah:
Panjang disket
= 10
Lebar disket =
10
Warna disket =
kuning
Bentuk disket=
segiempat
Data mula2= -
Setelah simpan
data = belajar java
Setelah hapus
data =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar